ANALISIS SWOT

COCONUT SHAKE

Hasil gambar untuk coconut milkshake
Coconut Shake adalah minuman milkshake yang berbahan dasar kelapa muda yang berkualitas . Tidak hanya berkualitas, coconut shake juga bermanfaat untuk diet dan kesehatan. Dengan harga yang terjangkau untuk segelas sensasi coconut shake yang luar biasa. Coconut shake berbeda dengan milkshake pada umum nya yang hanya mencampurkan susu dengan beberapa buah seperti pisang, strawberry, nanas dan lain-lain, tetapi coconut shake tidak hanya mencampur buah-buahan tadi saja, coconut shake mengkombinasikan susu dengan kelapa muda berkualitas dan tentu nya buah-buahan segar serta madu. Tidak hanya itu saja, coconut shake juga  menyediakan banyak toping seperti ice cream , jelly dan masih banyak lagi topping yang bervariasi. . 

Strengths : 

  • Hanya menggunakan kelapa muda yang berkualitas 
  • Menggunakan madu dan kelapa muda serta buah-buahan segar lainnya
  • Menyediakan banyak topping

Weaknesses : 

  • Harga yang relatif lebih mahal dari milkshake yang biasa, karena menggunakan madu 
  • Kurang nya promosi yang dilakukan sehingga belum meluas 

Opportunities : 

  • Masih sedikit bahkan jarang pedagang milkshake yang menggunakan kelapa muda dan madu dalam produk mereka
  • Banyak orang yang menyukai kelapa muda karena kesegaran dan manfaat kelapa muda untuk kesehatan
  • Produk dapat diterima oleh semua segmen pasar dengan produk yang memilki cita rasa manis dan gurih dengan variasi milkshake cocok untuk semua kalangan dari anak anak sampai orang tua. 

Threats : 

  • Cuaca hujan yang menyebabkan orang enggan untuk keluar membeli milkshake
  • Pesaing dari sesama produk minuman yang bebau milkshake



Faktor Internal dan
Eksternal           
Strenght 
Weakness
Opportunity
Melakukan pemasaran yang agresif agar mampu memperoleh keuntungan yang cukup besar dalam jangka pendek
 Menggunakan takaran       madu yang tepat dan menggunakan madu yang murah namun dengan kualitas yang bagus
Treat
Melakukan inovasi 
dalam produk sehingga produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih dari pada produk sejenis yang  dimiliki pesaing
Menggunakan madu yang murah dengan kualitas yang bagus dan berusaha untuk  membuat   pembeli tertarik untuk datang membeli coconut shake lagi





















Komponen
Organisasi
Keuangan
SDM
Produksi
Pemasaran
Strengths
1.Memiliki brand yang sudah ada dalam benak konsumen
2.Akses mudah dalam mendapatkan bahan baku
1.Perencanaan keuangan yang efesien dan efektif
2.Sistem akutansi yang efektif
1.Struktur organisasi dan suasana efektif dan melakukan analisis pekerjaan
2.Karyawan yang berkualitas
1.Kemampuan untuk memenuhi permintaan pasar
2.Mempunyai fasilitas yang efisien dan efektif
Produk sesuai dengan keinginan konsumen
Weaknesses
Pesaing yang menjual produk sejenis
Harga yang sedikit lebih mahal dari pesaing
Kurangnya pengalaman dalam bidang ini
Ketika harga bahan baku meningkat dipasar
Kurangnya promosi
Opportunities
Jika harga dan kualitas masih dapat dijangkau, akan memungkinkan usaha ini tetap berjalan terus.
Melakukan strategi perbaikan harga, dengan menawarkan produk-produk dengan harga yang bervariasi, atau mencari pemasok yang dapat diandalkan yang mampu menekan harga produksi, sehingga harga produk yang ditawarkan tidak terasa mahal dibandingkan dengan ritel pesaing
Melakukan system pengembangan karyawan, pengolaan karier, evaluasi kerja
Melakukan inovasi terhadap produk-produk nya agar lebih bervariasi
Dipasarkan untuk semua kalangan, baik anak-anak, remaja, serta orang tua
Threats
Muncul nya pesaing-pesaing baru yang menjual produk sejenis
Harga pesaing yang lebih murah
Ketidak puasan tenaga kerja untuk bekerja pada perusahaan sehingga membuat pekerja mengundurkan diri
Musim hujan yang menyebabkan konsumen enggan untuk membeli produk
Pesaing yang memasar kan produk sejenis




Komentar